Detil Berita

Beranda > Laporan > Berita

SEMESTER I, JIWASRAYA PROYEKSIKAN LABA RP 400 M

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memperkirakan mencetak laba bersih pada semester I-2015 sebesar Rp 400 miliar, naik hampir delapan kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 49,5 miliar. Perseroan juga memperkirakan pendapatan premi pada semester I-2015 sekitar Rp 5 Triliun.

Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo mengatakan, hingga semester I-2015 pihaknya akan memperoleh premi Rp 4 triliun dari target premi tahun ini sebesar Rp. 10,8 triliun, dan laba bersih sekitar Rp 400 miliar. ?Premi pada semester pertama tahun ini target anggarannya Rp 5,4 triliun, dan saat ini baru sekitar Rp 4 triliun. Untuk laba bersih mudah-mudahan bisa mencapai Rp 400 miliar,? ujar Hary di Jakarta, Kamis (25/6).

Lesunya kondisi perekonomian dan pasar keuangan saat ini, menurut dia, membuat hasil investasi perseroan pada semester I-2015tidak sebaik yang diharapkan. Hasil investasi diperkirakan baru sekitar Rp 600 miliar dari total target sepanjang tahun sebesar Rp 1,5 triliun. ? Yield Investasi kemungkinan tumbuh di bawah 5%,? terang dia.

Oleh karena itu, Hary menjelaskan pihaknya berencana meurunkan porsi investasi di reksadana dan saham serta menempatkan lebih banyak dana investasi di deposito dan obligasi. Selain itu, perseroan keterbatasan dalam mengelola investasi karena sekirat 35% investasi dalam bentuk portofolio properti. ?Kami agak susah bergerak karena properti kami 35% dari portofolio. Sekarang ini kami memilih untuk memperbanyak pegang cash,? ungkap dia.

Menurut dia, dari total dana investasi yang dikelola perseroan di luar properti, sekitar 20% dana yang ditempatkan di deposito, 40% di reksadana, 18% di saham dan sisanya obligasi. ?Kami mau lepas sebagian investasi kami yang ada di reksadana dan saham. Kami akan perbanyak penempatan di deposito dan menaikan porsi obligasi,? jelas dia.

Dia juga menjelaskan, Jiwasraya masih tertarik untuk mengakuisisi perusahaan aset manajemen. Namun pihaknya belum menentukan kapan rencana akuisisi tersebut akan direalisasikan.